:::: MENU ::::

Thursday, June 25, 2015

Memilih benang yang tepat untuk project anda memang gampang-gampang susah, bahkan lebih susah dari sekedar memilih warna yang anda inginkan. Hal ini lebih sering terjadi jika anda mencoba project dengan pattern berbahasa Inggris, karena di sana banyak pilihan yang tersedia untuk berbagai jenis benang,dan mudah di dapat di toko sekitar mereka. ya.. tak ada salahnya kita belajar tentang beberapa hal mendasar tentang pemilihan benang yang tepat, meski mungkin benang-benang ini tidak selalu mudah didapat (impor).


Berikut beberapa kategori serat benang dengan karakteristik saat dirajut (knitting dan crochet).


Serat Hewan

Benang Wool
Hal yang pertama anda pikirkan pasti wool. Hal yang umum karena memang wool sudah lama sekali digunakan sebagai bahan benang yang dipakai di seluruh dunia. Ada beberapa sumber serat hewani lain yang juga umum dipakai seperti bulu apalca, llama, mohair, angora dan chasmere.

Umumnya benang dengan serat hewani memiliki karakteristik elastik, nyaman dipakai, hangat, dan relatif mudah untuk dirajut.

Untuk sutera ada hal yang spesial, karena serat sutera berasal dari serangga. Karakteristik sutera lebih ke serat tumbuhan daripada serat hewani.


Serat Tumbuhan

Benang Bamboo

Di Indonesia umumnya benang yang ada di pasaran berasal dari jenis serat ini. Yang paling umum adalah katun atau kapas, tapi ada juga serat tumbuhan lain seperti serat bambu, linen dan rami. 

Karakteristik benang serat tumbuhan adalah tidak elastis, lebih berat dari serat hewani, nyaman dipakai sepanjang musim. Apalagi Indonesia adalah negara tropis, jadi jenis benang serat tumbuhan lebih cocok untuk digunakan.


Serat Sitetis

Benang Akrilik

Yang paling umum dikenal adalah serat akrilik, nylon, polyester. Ada banyak ragam benang degan berbagai tekstur yang dibuat dengan serat ini. Hal yang paling menarik adalah perpaduan antar serat alami ( hewani maupun tumbuhan) dengan serat sintetis untuk menghasikan tekstur dan karakteristik yang beragam. 

Jenis benang ini juga lebih mudah dicari di toko benang di sekitar kita. Anda punya banyak pilihan jenis dan karakteristik dari benang serat sintetis ini sesuai kebutuhan anda.
Categories:

1 comment: