:::: MENU ::::

Friday, March 22, 2013

Tutorial Step By Step Hairpin Lace Crochet

 

Contoh hasil hairpin lace crochet
hairpin lace crochet bisa dibilang cabang ato variasi dari crochet itu sendiri. memiliki tekstur jadi yang menarik dan lama pengerjaan relatif lebih cepat. Disini saya share tutorial step by step pakai foto dasar membuat hairpin lace crochet  memakai loomnya. Anyway.... ini tutorialnya. tak translate pke indonesia... tau ne kena pelanggaran hak cipta gak.... yah niat mau cari pahala dengan share di sini....



hairpin lace loom merk inox jerman
Setelah pencarian 6jam (termasuk bot download beberapa video tutorial, maklum koneksi ud lewat quota jdi lemot), esoknya saya berburu hairpin loom yang termurah di jogja. dapat murah 95rb. weks!!!! saya kaget juga... alat beginian 95 rb.... mending bot yang mau belajar hairpin lace bikin sendiri aja nanti tak kasi pola dan caranya, tapi nanti ya...... menyusul...    Cerita lagi ne.... saya belajat basicnya dan berhasil membuat sebuah syal besar dalam waktu cuma 6 jam. kalo knit / crochet bisa lebih lama.. polanya juga asyik.














Step 1:


Setel dulu jarak 2 jarum sesuai pola. Buat simpul hidup (yang biasa buat mengawali rantai dasar..)
renggangkan dan masukkan ke salah satu jarum.Atur supaya tepat di tengah kedua jarum.














step 2:

Putar benang sesuai gambar mengelilingi jarum kanan. Kaitkan hook melalui celah simpul hidup dasar, tarik lagi keluar melalui celah yang sama membentuk loop pada jarum











step 3: 

 Sama seperti membuat tusukan rantai dasar, Kaitkan hook (kait biasa saja, tidak melalui celah) dan tarik melalui loop.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

step 4: 

 Arahkan gagang hook ke atas sehingga ujung hook menghadap ke bawah, dengan benang masih tetap melingkari hook. Lebih baik tengahkan dulu benang biar tidak terlepas.











step 5: 

Putar gagang hook ke bawah, dan ujung hook menghadap ke atas. hook berada di sisi "belakang" ruang kerja kita, dengan benang masih melingkari hook.Tahan posisinya. Jangan lupa perhatikan petunjuk sisi A dan B yang akan berguna untuk step selanjutnya.










step 6:

Balikkan hairpin loom sesuai arah dari kiri ke kanan. perhatika sisi A dan B. Benang akan otomatis melingkari jarum sisi A.
Hook akan otomatis menjadi menghadap sisi kerja lagi. Sesuaikan posisinya sehingga kembali nyaman untuk step selanjutnya









step 7: 

 Kaitkan lagi benang melalui celah baru yang terbentuk seperti pada step 2. Disini akan ada 2 lingkaran benang pada hook, seperti pada tusuk tunggal ( sc)









step 8:

 Kait benang dan masukkan ke kedua loop seperti pada tusuk tunggal (sc) biasa.

 


 

 

 

 

 

 

 

step 9: 

 Balikkan hairpin loom. kerjakan step 6 - 8 berulang ulang.  Padatkan hasil kerja anda sedemikian rupa hingga muat banyak, tapi ketika sudah tidak ada celah lagi untuk mengerjakan anda harus mengeluarkan sebagian hasil kerja anda keluar dari loom dan membiarkan sebagian kecil lagi untuk tetap pada loom dan kembali mengerjakan proyek.

Tips:  masukkan benang yang kontras sebagai penanda pengganti jarum agar hasil kerja tidak berpilin dan semrawut.Benang dapat dimasukkan dengan jarum tapestry sejajar dengan jarum loop (di sela2 celah benang) dan jangan Lupa di simpulkan ujung benang penanda agar tidak lepas ya... kerjakan pada kedua sisi jarum loom.


step 10:

Kerjakan terus sampai panjang yang diperlukan. Jika pada pola dibutuhkan 120 tusukan berarti anda harus menghitung (dengan teliti) 120 loop di sisi jarum kanan, dan 120 loop di sisi jarum kiri. total loop kanan dan kiri adalan 240 loop.
Mematikan benang sama caranya dengan crochet biasa, potong benang ( jangan mepet motongnya sisakan kira2 6 cm) tinggal kait dan tarik benang melalui loop sampai ujung benang keluar. Kencangkan.






Kira2 begitu tutorialnya. kalau ada pertanyaan silahkan tanya saya ato tanya lebih lengkap ke mbah google. link Video menyusul ya....



print this page Print halaman ini

 

 

Categories:

1 comment: